pengalaman hidupku kunci kesuksesanku.

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Twitter

Tips Belajar Beatbox

Author Unknown - -
Home » Tips Belajar Beatbox


Tips Belajar Beatbox

Beatbox/Ilustrasi IstimewaBeatbox/Ilustrasi IstimewaPernah mendengar istilah musik beatbox? Itu tuh, musik yang dihasilkan dari suara mulut. Makanya, beatbox juga biasa dikatakan sebagai seni peniruan bunyi (dengan mulut), ketukan, dan rhyms. Pada dasarnya, semua orang bisa melakuan beatbox, akan tetapi tentunya tidak semua orang memiliki keahlian dalam melakukan seni beatbox itu. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk belajar beatbox, berikut ini adalah bebarapa tips untuk belajar beatbox, yang TNOL peroleh dari Dayat, Manajer Komunitas Bejo (Beatbox of Jogjakarta). Selamat mencoba.
Perbanyak referensi
Billy, salah satu Beatboxer terkenal Indonesia. (Foto: Novriyadi/TNOL)Billy, salah satu Beatboxer terkenal Indonesia. (Foto: Novriyadi/TNOL)Sebelum Anda mencoba memulai latihan, ada baiknya Anda mencari referensi sebanyak-banyaknya mengenai tutorial beatbox. Dan tutorial itu, bisa Anda dapatkan pada Youtube atau pun bergabung ke dalam sebuah komunitas beatbox. Dengan begitu, Anda akan sudah terbiasa dengan teknik-teknik dalam beatbox.
Siapkan air putih
Sebaiknya Anda siapkan satu gelas air putih. Untuk apa? Untuk membasahi mulut. Ya, fungsi dari air putih ini adalah untuk membasahi mulut sebelum melakukan latihan beatbox. Sebab kalau mulut Anda basah, hal itu akan lebih memudahkan Anda ketika meniru bunyi atau ketukan.
Belajar nada dasar beatbox
Pada dasarnya, dalam beatbox hanya ada 3 nada dasar, yaitu bass drum/kickdrum, hit-hat, dan snare drum. Mari kita ikuti uraiannya.
Komunitas Bejo - Beatbox of Jogjakarta. (Foto: Novriyadi/TNOL)Komunitas Bejo - Beatbox of Jogjakarta. (Foto: Novriyadi/TNOL)Beat Bass Drum
Beat bass drum bisa dikatakan sebagai nada yang paling rendah. Untuk latihan ini, Anda bisa latihan dengan mengucapkan kata "beuh" secara berulang-ulang dengan nada yang paling rendah. Setelah itu, gantilah kata tersebut menjadi "BUFF" atau "BEUF", dan diakhiri dengan gigi atas menekan bibir bawah bagian dalam. Dengan begitu, Anda akan bisa meniru suara seperti bass drum.
Beat Hit hat
Hit hat adalah beat yang paling simpel dalam beatboxing. Beat ini bisa dibuat dengan cara yang paling simpel, yaitu dengan mengucapkan kata "cesst". Dalam beatbox, hi hat biasa digunakan setelah Anda mengeluarkan beat bass drum.
Indo Beatbox, salah satu komunitas beatbox di Indonesia. (Foto: Novriyadi/TNOL)Indo Beatbox, salah satu komunitas beatbox di Indonesia. (Foto: Novriyadi/TNOL)Beat  Snare Drum
Nah, mohon maaf, Anda harus menyiapkan diri benar-benar untuk berjuang menghasilkan beat ini. Karena, beat ini merupakan nada yang paling susah untuk ditiru. Cara menghasilkan snare drum ialah dengan mengucapkan kata "Ksh", tapi dengan cara menyedot kata tersebut, dan bukannya ditiup.
Nah, jika anda sudah mengusai 3 beat dasar tersebut, maka Anda sudah bisa mengembangkan nada-nada lain yang sesuai dengan keinginan Anda, baik itu yang bertempo cepat maupun sedang.